Pages

My Blog List

Saturday, May 30, 2009

Patagonia part II: Sarmiento

Tour patagonia kita yang kedua adalah Sarmiento. Sebuah kota kecil (sangat kecil malah, hehe, penduduknya cuma sekitar 10 ribu jiwa....nggak sampe satu desa kalo di Indo, hihihi...). Tapi bukan kotanya yang menjadi daya tariknya. Yang hendak kita tuju adalah sebuah museum dinosaurus dan bosque petrificado (petrified forest) dan kawasan sekitar danau Musters.

Jarak Sarmiento dari kota tempat tinggal kami, Rada Tilly sekitar 180-an km, sekitar 2 jam perjalanan. Tidak jauh memang, kalo diukur dengan jarak tempuh antar kota di Indo, dari Jombang ke Malang juga sekitar 2 jam. Tapi yang ini sangat melelahkan. Karena menuju ke tempat tujuan yang ada hanya bukit2 gersang, dengan tanaman2 kerdil dan sama sekali tidak hijau atau ladang-ladang minyak. Dan kali ini kita tidak beruntung, karena tak satu pun guanacos yang terlihat di sekitar perbukitan itu.

Kita berangkat jam 8 pagi dari rumah. Sekitar jam 10 sampailah ke tempat tujuan. Tapi ternyata, museumnya belum buka. Jadi, spy nggak buang2 waktu, kita menuju ke bosque petrificado. Ternyata lumayan jauh, sekitar 45 km lagi dan rutenya nggak beraspal, jalanan batu.

Sampai disana, ternyata dinginn bangeetttt, dan anginnya kuenceng bo'..... Tp karena udah sampe ya sekalian, akhirnya kita nekat mendaki dan akhirnya nyampe juga ke puncak lho! Ayah & ibu gantian gendong adek. dan setelah nyampe atas kita, ibu, mas Wisang dan adek ding, nggak bisa ngapa2in, karena anginnya kenceng banget. Jadi kita cuma berlindung di batang pohon yang tumbang sambil berpelukan, biar nggak ikut melayang, nungguin ayah yang sibuk motret sana sini.

Setelah sesi foto2 usai, kita balik lagi ke kota, menuju ke museum. Sampai di museum, kita nggak bisa masuk, karena ternyata kita harus beli tiket dulu di semacam dinas pariwisatanya lah...jadi kita balik lagi....hihihi...Setelah dapet tiket dan guide kita balik lagi ke museum. Mas Wisang dan adek senang sekaliiii...karena ada taman yang dilengkapi dengan patung2 dinosaurus yang fosilnya ditemukan di sekitar Sarmiento. Wisang sibuk komentar sana sini tentang dinosaurus. Guidenya sampe takjub, dia bilang seharusnya yang jadi guide malah mas Wisang, karena tahu banyak sekali tentang dinosaurus, hehehe...

Setelah puas lari sana sini, kita akhirnya memutuskan makan siang disini. Karena kalo lanjut lagi kita nggak bakalan makan siang, restoran hanya ada di kotadan jarak menuju ke danau Musters masih sekitar 1 jaman. Dan well, ternyata tidak banyak pilihan disini. Akhirnya setelah muter2 kita pilih tempat yang paling lumayan, dan paling rame...tapi lupa nama restonya...hehe...

Berikutnya adalah perjalanan menuju danau Musters. Sebenarnya ibu udah capek sekali. Mas Wisang dan adek juga, mereka bahkan sudah tertidur di jalan. Tapi rugi juga kalo nggak sekalian, mumpung masih tengah hari....

Dan surprise!! Perjalanan menuju danau Musters ternyata indah sekali! Hmmm....kayak gambar2 di majalah, tapi yang ini real... Karena untunglah ada kuda2, sapi2 dan domba2 yang selalu bergerak setiap kali ibu merasa bahwa yang ada di depan mata ini serasa cuma ilusi...hehe...

Sampai di danau ternyata gede banget danaunya dan arusnya lagi deras, ibu jadi ngeri, hehe...anginnya kenceng lagi. Berdiri di pinggir danau serasa begitu kecillll dan tak berdaya... Subhanallah....

Akhirnya selesai sudah tur kita. Semua kecapekan. Ayah, ibu, adek dan mas Wisang semua terlelap. Sesekali ibu (cuma ibu, catet) terbangun waktu melewati jalanan berbatu.... Menjelang maghrib sampailah kita di rumah...